Ada banyak ayat Al Quran yang memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada ke dua orang tua (birrul walidain). Salh satunya yang ada di dalam Al Quran Qs. Lukman: 14:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

Di dalam Al Quran surat Lukman di atas, terdapat perintah yang tegas kepada kita untuk berbuat baik kepada orang tua yang memiliki jasa yang sangat besar atas kelahiran kita di muka bumi. Di dalam ayat tersebut, Allah menjelaskan mengenai kesulitan seorang ibu dalam mengandung anaknya (sulit di atas sulit).

Hingga kemudian ia melahirkan, menyusui dan mendidik hingga dewasa. Jasa yang tak akan pernah terbalas oleh seorang anak. Di dalam ayat di atas juga diterangkan bahwa kewajiban kedua seorang hamba setelah taat kepada Allah dan Rasul Nya adalah kewajiban berbakti kepada kedua orang tua. Kewajiban ini tidak pernah berhenti meskipun kedua orang tuanya seorang kafir sekalipun.

Pada saat sekarang ini, banyak fakta yang terjadi adalah para anak durhaka yang mengabaikan ayat Al Quran di atas. Ada banyak alasan seorang anak mendurhakai ke dua orang tuanya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak

2. Godaan dunia berupa harta, tahta, wanita, karir dan sebagainya pada si anak sehingga membuat anak tersebut melupaka kewajibannya pada kedua orang tua.

3. Ketidak pahaman seorang anak dengan ajaran dan syariah agamanya sendiri.

Beberapa alasan di atas bisa memicu hilangnya penghormatan seorang anak pada kedua orang tuanya. Faktor lingkungan juga turut mempengaruhi perkembangan psikologis dan akhlak seorang anak. Oleh karena itu, para orang tua harus pandai memilihkan lingkungan yang kondusf pada anak-anaknya agar si anak mengerti mengenai kewajiban berbuat baik kepada kedua orang tua.

Manfaat utama yang akan dirasakan oleh seorang anak yang berbuat baik kepada kedua orang tuanya adalah dibukakannya pintu keberkahan dari langit dan dari bumi oleh Allah SWT pada hamba-Nya yang bersangkutan.

Jika ingin hidup dengan rezeki yang berkah dan tak merasakan banyak kesulitan hidup, maka mulailah berbakti dan berbuat baik kepada orang tua kita, dari sekarang.

Terutama jika kita merasa bahwa selama ini kita abai dengan kedua orang tua kita. Melalaikan, melupakan hingga berbuat banyak hal yang menjadikan mereka marah dan sakit hati kepada kita. Berbuat baik lah kepada kedua orang tua sebagaimana diperintahkan Allah dalam ayat di atas, maka keberkahan hidup akan bersama kita.

About these ads